9 Hal Unik di Indonesia Selama Musim Hujan

Ya, musim hujan pertama ini turun di Bulan November. Sejenak terasa syahdu dan dingin pastinya setelah berbulan-bulan tidak ada air yang turun dari langit. Jika diperhatikan ternyata musim hujan punya hal unik yang tidak akan dijumpai selama musim kemarau.


1. Banjir


Musim Hujan di Indonesia selalu identik dengan Banjir. Utamanya kota-kota besar yang memiliki permasalahan dengan sampah dan saluran pembuangan air. Namun, sepertinya masyarakat sudah terbiasa dengan hal ini. Terbukti kebiasaan buruk membuang sampah tidak pada tempatnya yang menjadi penyebab banjir masih sering dilakukan.


2. Kolong Flyoverjadi tempat berteduh



Pengendara Sepeda Motor selalu memenuhi kolong flyoverketika hujan mulai turun. Bahkan hingga memenuhi badan jalan yang mengakibatkan kemacetan panjang. Lupa tidak membawa jas hujan menjadi alasan utama untuk berteduh. Sepertinya sambil ngopi asyik juga ya berteduh rame-rame laugh.


3. Munculnya Pedagang Jas Hujan Dadakan



Musim Hujan jadi berkah bagi sebagian orang. Pedagang Jas Hujan dadakan ini salah satunya. Jas Hujan menjadi kebutuhan bagi pengendara sepeda motor. Biasanya pengendara sepeda motor membeli jas hujan baru lantaran yang lama sudah sobek. Ada banyak ragam jas hujan mulai yang harganya Rp 10.000,- sampai  yang ratusan ribu rupiah.


4. Tukang Ojek Payung bermunculan


Selain Pedagang Jas Hujan, Tukang Ojek Payung juga memanfaatkan musim hujan ini untuk menawarkan jasanya. Sebagian besar tukang ojek payung itu adalah anak-anak yang mencari tambahan uang saku. Seringkali juga mereka sendiri terpaksa kehujanan demi mendapatkan upah jasanya.


5. Jasa Cuci Mobil dan Motor laris manis



Jika di musim kemarau biasanya pengendara yang mencucikan motornya bisa dihitung dengan jari. Namun ketika musim hujan tiba bahkan pengendara motor rela mengantri agar sepeda motornya bisa segera dicuci bersih. Karena sepeda motor yang terkena air hujan dan dibiarkan akan mudah korosi akibat zat basa yang ditimbulkan air hujan tersebut.


6. Munculnya lubang baru di jalan raya



Lubang baru di jalan raya biasanya diakibatkan genangan air yang merendam jalan berhari-hari. Kondisi ini sangat membahayakan karena lubang kerap tidak tampak mata. Masyarakat sekitar biasanya memberi tanda berupa batang pisang yang ditancapkan di dalam lubang supaya para pengendara menghindarinya.


7. Penjual gorengan semakin banyak



Tak lengkap rasanya jika menikmati hujan tanpa menyantap gorengan dan secangkir kopi panas. Musim Hujan dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk beralih profesi menjadi penjual gorengan. Biasanya mereka menggelar dagangannya menjelang sore.


8. Laron mulai muncul



Hewan ini hanya muncul ketika musim hujan. Laron adalah rayap yang berhasil menumbuhkan sayapnya untuk keluar dari sarang. Biasanya semakin banyak muncul ketika malam hari dan menuju cahaya lampu. Beberapa orang bahkan ada yang menangkapnya untuk dijadikan peyek.


9. Aktivitas di Luar Rumah berkurang



Banyak orang menghabiskan waktunya seharian didalam rumah ketika musim hujan tiba. Mereka memilih untuk menonton televisi, membaca buku, mendengarkan musik atau tidur seharian. Malas berbasah-basahan menjadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah.


Rintik Hujan pertama selalu ditunggu banyak orangnya setelah kemarau yang panjang. Banyak orang bersuka cita karena air sumurnya kembali terisi dan tanamannya kembali segar. Namun, ketika sudah hujan turun terus menerus kita kembali risau dan khawatir. Aktivitas rutin sehari-hari biasanya mulai terganggu. Nah, Sahabat kira-kira aktivitas apa yang paling sering dilakukan di musim hujan ini?

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

10 Responses to "9 Hal Unik di Indonesia Selama Musim Hujan"

  1. jangan lupa kecoa gan :V wkwkwk

    BalasHapus
  2. Ada lagi bang... cacing makin berkeliaran wkwk

    BalasHapus
  3. info yang menarik saya tambahin dagangan sepi karena musim hujan orang jadi males keluar

    BalasHapus
  4. Itu hanya terjadi di sekitar jakarta :D

    BalasHapus
  5. jakarta :v untung gk di balikpapan

    BalasHapus
  6. Wahh. Menarik. kayak tradisi gan itu mah

    BalasHapus
  7. Resiko kecelakaan yang paling amat bahaya...(jalan berlubang);)

    BalasHapus